Bakesbangpol Paser ikut serta dalam pelaksanaan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula

  • Admin Kesbangpol Paser
  • 26 September 2022
  • 140 Views
Bakesbangpol Paser ikut serta dalam pelaksanaan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula

Samarinda-Mewakili Kepala Badan Kesbangpol Kab. Paser, Kabid. Poldagri dan Ormas Achmad Hartono, S.Sos, M.Si menghadiri Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula dalam rangka Optimalisasi Peran Pemuda sebagai Pemilih Pemula dalam Kehidupan Berdemokrasi Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024. Rabu (21/9/22).

Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim di Hotel Midtown Samarinda yang dibuka oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kaltim, Dr. H. M. Aswin, M.M mewakili Gubernur Kaltim serta dihadiri Siswa-Siswi SMK/SMA Pemilih Pemula, Organisasi Pemuda dan Unsur Badan Kesbangpol Kab/Kota Se-Kaltim.

Angka partisipasi Pemilih di 10 Kabupaten/Kota se Kaltim, masih belum sesuai harapan Pemerintah. Secara nasional target partisipasi masyarakat (parmas) adalah 77,5 persen sementara Kaltim pada Pemilu Serentak 2019 hanya mampu menjangkau 50 persen pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyalurkan hak pilihnya.

Pemilih pemula merupakan salah satu segmen yang bisa digandeng oleh partai politik, karena berdasarkan perhitungan para pemilih pemula ini akan lebih banyak di dua tahun mendatang yang menjadi pemilih pemilu.

Ini konsep di Kesbangpol, bagaimana bisa memberikan pendidikan dan bekal kepada pemilih pemula agar tidak salah dalam mengambil langkah dalam kehidupan berdemokrasi serta meningkatkan pengetahuan khususnya bidang politik, sehingga dapat optimal berpartisipasi menjelang pemilu 2024.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Badan Kesbangpol Prov. Kaltim, Drs. Sufian Agus, M.Si, KPU Prov. Kaltim, Rudiansyah, SE dan Akademisi Unmul Samarinda, Budiman, S.IP, M.Si.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment